Breaking

Sunday, 31 July 2016

Ciri dan Kelebihan Ayam Birma atau Burma

Sobat penghobi ayam laga pasti tidak asing lagi dengan ayam Birma atau Burma. Ayam yang berasal dari Negara Myanmar ini memiliki teknik dan pukulan yang bagus dengan ukuran tubuh tidak terlalu besar. Birma atau Burma sekarang sangat populer dikalangan para penghobi ayam aduan dikarenakan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam Bangkok Thailand, ayam Saigon Vietnam maupun ayam Brazil.

Baca juga:
20 Ciri Ayam Bangkok Asli 
3 Ayam Aduan Terbaik Sedunia

Ciri ayam birma dari segi bertarungnya memiliki kecepatan dalam segi pukulan maupun teknik-tekniknya. Dalam hal bertarung, ayam birma akan lebih gesit dan sangat lihai dalam mencari celah ruangan yang terbuka untuk meluncurkan pukulan ke lawan.
Nah, selain kelincahan ini, ayam birma juga cukup tangguh, gaya bertarung ayam birma akan memukul lawannya dengan secara tiba-tiba dan tanpa harus mematuk terlebih dahulu. Dengan demikian, akan membuat lawannya kaget dan kebingungan, sehingga dengan leluasa ia akan segera melayangkan pukulan andalanya secara beruntun. Dengan kepandaian dan kecerdikan yang dimiliki, ayam birma akan memukul musuhnya tepat di bagian yang paling sensitif di telinga maupun mata musuhnya.

Nah, jika anda selama ini kebingungan untuk membedakan ayam birma asli atau ayam birma campuran atau silangan, anda bisa merujuki petunjuk di bawah ini. Ayam Birma memiliki ciri-ciri yang khas berbeda dengan ayam-ayam aduan lainnya, perhatikan dibawah ini :
Gambar: situshewan.com

1. Ayam Birma memiliki postur yang sedang dan tidak terlalu besar hampir mirip dengan ayam kampung yang memiliki berat maksimal 3 kg. Dengan berat tubuh yang relatif kecil ini, membuat ayam birma pergerakanya lincah, sulit diprediksi dan tentunya membuat ayam lawan kebingungan dalam menghalau serangan ayam birma.

2. Ayam birma memiliki tulang yang realtif kecil dan lebih tipis dan mempunyai jari-jari kaki yang kecil dan panjang. Meskipun jari kecil dan panjang, tetapi untuk pukulanya, ayam birma ini sangat keras dan tepat sasaran.

3. Jenis bulu yang dimiliki ayam birma tidak seperti ayam Thailand pada umumnya ayam birma memiliki warna campuran dari merah, wido dan abu-abu.

4. Badan lebih banyak bulu, ingat bulu sayap ayam birma tebal dan panjang

Baca juga:
Kaki Ayam Aduan Yang Kecil Lebih Cepat dan Sakit 
Kelemahan dan Keunggulan Ayam Saigon

Gambar: ayamaduan-bangkok.blogspot.com

5. Ayam birma mempunyai mata yang sedikit cembung, tampak seperti sedang melotot. Hal ini juga yang menjadikan ayam birma kelihatan ganas, liar dan bringas. Bahkan lebih ganas dari ayam aduan lain seperti ayam Thailand, ayam saigon maupun ayam bangkok.
6. Ayam birma yang masih asli mempunyai jengger tegak dan kecil dengan bentuk menyerupai tanduk ular. Perlu diketahui bahwa ayam yang bagus mempunyai jengger yang kecil, menandakan ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang gesit dan lincah.
7. Ayam birma yang masih asli mempunyai tanda warna putih di bagian telinga. Tanda ini menunjukkan bahwa ayam birma masih tergolong jenis ayam liar. Walaupun ayam ini sudah banyak dikembang biakkan, namun ayam birma dari keturunan asli masih terdapat tanda warna putih ini.
8. Bagian wajah ayam Birma seperti silangan ayam bangkok dan ayam kampung dimana bentuk telinga kadang agak besar, mata kurang cekung,paruh lebih kecil,badan kurang kekar.

Baca juga:
Memilih Ayam Aduan Dari 4 Model 
TIPS MEMILIH AYAM ADUAN MUDA/LUNCURAN

GAYA TARUNG DAN TEHNIK AYAM BIRMA
Selain mengenali ciri-ciri diatas anda juga harus tau gaya tarung dan teknik ayam birma,untuk itu simak ulasan dibawah ini :
 1. Ayam burma asli mempuyai gaya tarung dalam istilah jawa yang berarti nyawat atau mranggal dengan pukulan taji yang akurat. Pukulan mranggal adalah pukulan yang dilakukan tanpa mematuk terlebih dahulu.
2. Ayam ini sulit dikunci oleh lawan karena memiliki keunggulan aerodinamis atau anti-lock karena ayam birma asli selalu ingin mejaga jarak terhadap lawan dalam pertarungan
3. Ayam ini mempunyai kecerdikan dalam memukul lawan. Ayam birma akan lebih gesit dan sangat lihai dalam mencari celah ruangan yang terbuka untuk meluncurkan pukulan ke lawan.
4. Ayam birma memiliki kelincahan gerakan yang lebih cepat dari ayam Thailand sehingga ayam ini susah untuk di pukul.
5. Ayam birma memiliki pukulan kaki yang sangat kuat dan akurasi biasanya menyerang bagian mata dan telinga selain itu taji ayam birma juga harus diwaspadai karena memiliki keakuratan dan mematikan.
6.Ayam birma mempunyai keahlian menghindar dari serangan lawan kadang juga dalam posisi ngolong, biasa main jaga jarak, lari memutar jika lawan dalam posisi ragu-ragu ayam ini akan cepat bergerak dan menyerang.

Selain kelebihan yang luar biasa, ayam birma juga mempunyai kelemahan, yakni  jika terlalu sering kena pukul ayam birma ini bisa kalah dikarenakan ayam birma ini mempunyai tulangan yang cenderung tipis, terutama bagian badan dan punggung. Nah, makannya itu biasanya peternak mengkawin silangkan ayam birma dengan ayam aduan Ras lain yang mempunyai pertulangan yang besar dan kuat. Itu lebih jelasnya kita akan bahas dilain kesempatan.

Demikianlah artikel tentang Ciri dan Kelebihan Ayam Birma atau Burma. Semoga setelah memahami artikel diatas anda tidak tertipu saat membeli ayam ini. Untuk masalah ayam aduan agar jadi juara atau menangan itu tergantung pintar-pintarnya anda dalam hal melatih dan merawatnya dengan baik dan benar. Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.
iklan banner